• 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Hitungan sederhana penyelenggaraan JobFair

#1
Assalaamu'alaikum wrbw
 
Perkenalkan saya deka isnadi dari  ECC UGM. Perkenankan saya menyampaikan satu hal sederhana dalam perencaan Job Fair. Dari pengalaman di ICCS kemaren saya melihat ada bbrp lembaga yang belum pernah menyelenggarakan JobFair. Biaya untuk mengadakan job fair sebenarnya tidak banyak:
1. Sewa Gedung 
    Misalnya sewa gedung termasuk kursi dan listrik 40 MRp (Mega Rupiah). Setelah dibuat denahnya ternyata bisa 40 booth berarti biaya per booth 1 MRp. Akan lebih baik kalau gedungnya gratis  Big Grin
[Image: orig_1440646931_peta_cd18.jpg]
2. Booth / Partisi
    Biaya sewa partisi biasanya di sekitar 50 KRp/m2 (Kilo Rupiah) jadi kalo masing2 booth ukurannya 3x3 m2 maka biaya per booth adalah 450 KRp
[Image: HTB1HXr2HpXXXXcXXXXXq6xXFXXXk.jpg]

3. Konsumsi 
    Setiap booth perusahaan mendapat snack dan makan siang utk 3 orang. Snack @15KRp dan makan @30 KRp jadi per booth 3x(15+30)KRp= 135 KRp/booth
Biaya tambahan (optional)
4. Pendingin tambahan 
    Biaya sewa pendingin tambahan itu biasanya sekitar 150 KRp/PK/8jam, satu unit AC standing itu biasanya 5 PK jadi 750 KRp/hari dan biasanya sewa hari kedua lebih murah. Tapi masih harus sewa genset untuk AC sekitar 2 juta/12 jam. Anggap saja kita perlu 8 unit tambahan pendingin berarti 750KRp x 8 = 6 MRp utk hari pertama dan 3 MRP hari kedua (hari kedua diskon 50%) tambah sewa genset 4 Mrp jadinya biaya pendingin 13 MRp dibagi 40 booth menjadi 325 Krp/booth
[Image: harga-ac-Changhong-standing-floor.jpg]
Biaya lain
5. desain dan cetak proposal
    karena sekarang sudah era digital biasanya kami cetak cuma sedikit saja (itupun diprint biasa) lebih banyak yang softcopy. Ditentukan saja 1 Mrp
6. Publikasi
    Dulu memang kami pasang banyak baliho poster, spanduk iklan, koran radio. Tapi karena basis komunitas di social media sudah banyak biaya publikasi sudah sangat berkurang. Dianggarkan saja 8 MRP
7. Branding Event
    Pembuatan welcome gate, spanduk selamat datang, umbul dll. Misalnya dianggarkan 12 MRp
8. Panitia mahasiswa 
    Biaya untuk panitia adalah 290 KRp jumlahnya menyesuaikan jumlah perusahaan.
    - kaos (optional, bisa pake jas almamater) sekitar 50 Krp
    - konsumsi makan siang sekitar 20 Rb
    - fee (optional) sekitar 100 rb / hari
9. Biaya lembur karyawan career center. perkiraan sekitar 4 Mrp

Jadi biaya HPP perbooth adalah 450KRp+135Krp+325Krp +290 Krp =1200 KRp
Biaya tetap adalah 40MRp +1 Mrp + 8 MRp +12 Mrp + 4 MRp = 65 MRp

Simulasi:

Biaya sewa yang diberikan ke perusahaan adalah 3,5 MRp dan booth yang berhasil disewakan adalah 35 booth
maka pemasukan adala 122,5 MRp
HPP = 1200KRp x 35  = (42 MRp)
Fix   =                         = (65 MRp)
Saldo                          = 15,5 MRp

Demikian sedikit tulisannya saya semua data hanya perkiraan sederhana saja. Setiap daerah pasti harganya berbeda. Pasti ada biaya lain-lain seperti transportasi, komunikasi, Cocard, keamanan, opening ceremony, dll

terima kasih

NB: untuk melihat dokumentasi Career Days UGM silakan mampir ke channel youtube kami https://www.youtube.com/channel/UCpZ8jpe...IbT9344N6Q



deka isnadi
t: @dequa
ig: @dequaa

ecc.ft.ugm.ac.id
t & ig : @eccugm
Reply


Digg   Delicious   Reddit   Facebook   Twitter   StumbleUpon