• 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Kulwap 28 Mei 2017: Hibah Tracer Study

#1
[3:04 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: Kita mulai saja ya kulwapnya.                        
[3:05 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: saya lagi coba track dulu, kayanya mba Dyah nggak di grup ini ya?                        
[3:05 PM, 5/28/2017] Farleven: Eh ada dek baim.. ??                        
[3:06 PM, 5/28/2017] +62 899-7052-087: Baru bangun kak... Kebangun oleh hujan deres ????                        
[3:07 PM, 5/28/2017] Farleven: Siphh.. Selamat berkulwap.. Topik yg menarik nih.. Hibah ts.. Pas                        
[3:07 PM, 5/28/2017] +62 819-9970-3600: Nyimak....                        
[3:08 PM, 5/28/2017] +62 819-9970-3600: Kebetulan kemarin blm rejeki dapet hibahnya                        
[3:08 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: Di sini saya melihat ada beberapa koordinator wilayah ya                        
[3:08 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: Mohon bantuan Mas Mba                                                
[3:09 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: Halo mba Dyah                        
[3:09 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: Terima kasih atas waktunya                        
[3:09 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: Untuk TS ini saya rasa sudah banyak yang pernah menerima ya,                        
[3:10 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: Mba Dyah, mohon kesediaannya untuk bercerita bagaimana pelaksanaan hibah TS di Unisma Malang                        
[3:10 PM, 5/28/2017] Dyah Unisma Malang: Daleeem, Mas Ted??                        
[3:15 PM, 5/28/2017] +62 812-6400-7241: Wellcome mbak Dyah.. ????????????                        
[3:15 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: Mba Dewi, mas Ary, mohon juga ceritanya mengenai Hibah TS                        
[3:16 PM, 5/28/2017] Prof. Nuni Gofar: Menyimak juga, sambil makan sahur.                        
[3:16 PM, 5/28/2017] Ary Tamtama: Nah ini ??korwilx medan mas ted??                        
[3:17 PM, 5/28/2017] Farleven: Prof nuni sdg umroh yah..?                        
[3:17 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: Ayuk ??                        
[3:17 PM, 5/28/2017] Farleven: *ups, maaf .. Lanjut bahasan. ??                        
[3:18 PM, 5/28/2017] Ary Tamtama: Kami di Unismuh kendari itu dapat hibah TS lg tahun ini...untuk hibah TS itu diperuntukkan bagi PT yg sdh pernah mendapatkan hibah pusat karir atau telah memiliki pusat karir...tahun ini pemenang sdh diumumkan...mudah2an mas mbak di group ini byk yg dapat??                        
[3:19 PM, 5/28/2017] Ary Tamtama: Mbak prof..ini sahur untuk puasa ke brp??                        
[3:20 PM, 5/28/2017] Prof. Nuni Gofar: Sahur kedua mas, Alhamdulillah                        
[3:20 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: Binus juga kali kedua dapat Hibah ini. Dulu pernah ikut 2013, tapi tidak berpartisipasi lagi.                        
[3:22 PM, 5/28/2017] Prof. Nuni Gofar: Bagi teman2 member yg baru mendapatkan hibah PK boleh juga mengajukan pertanyaan sekitar pelaksanaan hibah, mumpung ada pakar2nya koordinator wilayah se Indonesia                        
[3:26 PM, 5/28/2017] Ary Tamtama: Asal jgn tanya..knp gak lolos...mgkn bgt mbak prof??????                        
[3:27 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: Mas Mba, boleh tanya, prosentase dari target alumni yang tercapai di TS terakhir berapa persen?                        
[3:27 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: Dan masing2 apa upayanya untuk mencapai alumni sebanyak2nya?                        
[3:29 PM, 5/28/2017] Prof. Nuni Gofar: Yesss                        
[3:29 PM, 5/28/2017] +62 899-7052-087: Boleh bagi dong tips sama triknya dalam menaikkan net respon TS ????                        
[3:30 PM, 5/28/2017] +62 812-6400-7241: Siap mas Teddy... 

Kebetulan kampus kita Univ. Sari Mutiara Indonesia Medan sdh mendapat 3 x bantuan Pelaksanaan prog. TS dan target yg tercapai tahun 1 itu 70 %, tahun ke 2 target yg tercapai 78,9 % dan tahun ke 3 itu skrg lah pelaksanaannya....                        
[3:32 PM, 5/28/2017] +62 812-6400-7241: Pada dasarnya kampus kita belom gaul mas pake IT yg paten... Shgga smua alumni yg di trace pake hp smua mas....                        
[3:33 PM, 5/28/2017] +62 812-6400-7241: Alumni yg suka gonta ganti no hp kita lacak melalui org tua... Yg nopenya jg ada di data base prodi...

Jd selain alumni ortunya jg kelacak sm kita... ??????                        
[3:34 PM, 5/28/2017] +62 812-6400-7241: Shgga kami sangat beruntung bs kolaborasi dgn carcentOS kmrn                        
[3:34 PM, 5/28/2017] Ary Tamtama: Pencapaian respon rate memang merupakan slh satu elemen penting dlm TS..tp bukan tujuan utama. Syafiq(2013) menjelaskan bahwa dlm pelaksanaan TS yg penting populasi dapat terjangkau scr maksimal...respon rate 30% sdh cukup...                        
[3:37 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: Mba Dewi jumlah alumni yang ditarget berapa?                        
[3:37 PM, 5/28/2017] Ary Tamtama: Kami di Unismuh kendari tahun 2014 cmn 30 % lebih..stlah 2015 kami bisa dpt sampai 69%..
Apa yg kami lakukan??
2014 kami msh manual...menggunakan Kuisioner yg print out...trus dikirim ke alumni..kami jg gunakan snowball...tp hasilx kurang maksimal...krn byk no telp yg sdh tdk aktif...                        
[3:37 PM, 5/28/2017] +62 812-6400-7241: Bener pak Ary... Itu sdh mewakili... Namun kadang pimpinan suka memacu kita utk bisa merangkul smua alumni...  Dgn target 90% ??????                        
[3:38 PM, 5/28/2017] +62 812-6400-7241: Btw saya ga ada yg tetot nech... Soalnya panggil mas Ary pake pak... ??????                        
[3:38 PM, 5/28/2017] Ary Tamtama: ???? free teettoott hari ini mbak                        
[3:38 PM, 5/28/2017] +62 899-7052-087: #ehh                        
[3:38 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: Lagi serius menyimak Big Grin                        
[3:39 PM, 5/28/2017] +62 812-6400-7241: ??????                        
[3:40 PM, 5/28/2017] Prof. Nuni Gofar: Wah.. keren.. capaiannya tinggi2. Boleh tau jg brp jumlah target alumninya (ikut pertwnyaan mas Ted)                        
[3:41 PM, 5/28/2017] +62 812-6400-7241: Makasi mbak Prof... Kmrn alumni 2013 berjumlah 1128 mbak... 2014 1036 dan tahun ini 909 mbak...                        
[3:42 PM, 5/28/2017] Tutus Kusuma: Mas Ary, maaf saya gagal paham. Jika tujuan utama adalah jangkauan populasi yang maksimal, kenapa response rate 30% dianggap cukup ya? Apakah 30% itu dianggap bisa mewakili keunikan seluruh populasi? Mohon penjelasan lebih lanjut ??                        
[3:42 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: ??                        
[3:42 PM, 5/28/2017] +62 811-4448-864: Target 90%?luar biasa.Itb luar buasa bisa mencapai nilai pantastis. Kami mencapai 60an%                        
[3:42 PM, 5/28/2017] Ary Tamtama: Bgm kami mempersiapkan pencapaian Respon rate 2015...???
Kami mulai memperbaiki data base alumni....setiap alumni wajib punya email dan no telp minimal 2...yg aktif...
Database alumni kami cocokkan dgn data dari biro akademik dan keuangan...setelah datax cocok...kami masukkan dalam database di Website kami...untuk kemudian dilakukan pelacakan...                        
[3:43 PM, 5/28/2017] Dyah Unisma Malang: Univ Islam Malang (Unisma) mengikuti Hibah TS mulai th 2012 (Prog IM-Here). Pengusulannya sesuai dg panduan hibah PK Dikti. Dilakukan sensal, 1 cohort, exit cohort, stlh 2th lulus. Instrumen kami gunakan core instrument dari Dikti. Target Dikti response rate minimal 30%. Wkt itu kami bisa mencapai 28%. Namun, response rate th 2013 bisa 34%, 2014 42%, 2015 46% hingga 2016 mencapai lebih 60%.

Instrumen yg kami gunakan telah kami kembangkan dg menambahkan pertanyaan sesuai dg kebutuhan Unisma. 

Tahun 2016 kami lakukan survai unt pengguna lulusan dan telah kami laporkan pd seminar hasil di Yogya 14-16nov lalu.

Tahun ini kami akan lakukan TS unt lulusan S1 & Pengguna lulusan juga unt lulusan S2 & S3.                        
[3:44 PM, 5/28/2017] Ary Tamtama: Iya mas 30% itu minimal...kan kt diharapkan mendapatkan sampai di atas 75% dgn berbagai metode yg dilakukan                        
[3:44 PM, 5/28/2017] +62 812-6400-7241: Itu beban kerja dr pimpinan kita mbak Yuli, mgkn karna beliau terpukau dengan mas Pres yg membawa TS ITB mencapai 100%... ????                        
[3:45 PM, 5/28/2017] Ary Tamtama: Yg terpenting seluruh populasi itu sedapatx bisa dijangkau...kan urusan mau mengisi kuisioner itu urusan alumni mas...kt tdk bisa memaksakan mrk untuk mengisi kuisioner...jadi kt lakukan pendekatan saja...                        
[3:47 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: Kami rendah banget kemarin, sekitar 10%                        
[3:47 PM, 5/28/2017] +62 811-4448-864: Salut ya mbak. Satu permasalahan yg kami hadapi saat ini yg jujur agak mengacaukan data yaitu ada PDD (Pendidikan dikuar domisili).bagaimanapun mrk alumni institusi induk dan 5 binaan kampus kami baru satu yg kami link kan tracer 4 belum n sudah mulai ada alumni. Kemaren sy melaporkan hanya alumni di institusi.                        
[3:48 PM, 5/28/2017] Tutus Kusuma: Oh, berarti populasi terjangkau itu yang penting kuesioner terkirim dan diterima alumni yang ditarget, begitu ya Mas? Berarti melacak nomor HP yang aktif pun juga untuk memastikan bahwa alumni telah menerima kuesioner, begitu kah Mas? Correct me if I'm wrong.                        
[3:49 PM, 5/28/2017] Prof. Nuni Gofar: Keren mbak.. S2 dan S3 jg sdh digarap                        
[3:49 PM, 5/28/2017] +62 811-4448-864: Betul.ccts ma memberikan prasyarat ke alumni setiap ada rekrutment via kampus mrk wajib telah mengisi data tracer maka staf akan mengcross cek datanya jika iya maka kami luluskan berkas (Hiring kampus) jika belum akan di reminder untuk isi. Emang sih masih banyak yg belum isi juga.                        
[3:50 PM, 5/28/2017] +62 899-7052-087: sama aja mas kami juga gak sampe 30%                        
[3:51 PM, 5/28/2017] +62 812-6400-7241: Dampaknya mbak kita sering sakit kepala kena radiasi hp karna bertelp berjam2 sambil isi kuisioner... ??????                        
[3:51 PM, 5/28/2017] Ary Tamtama: 10% dari 10ribuan alumni yah mas ted??                        
[3:52 PM, 5/28/2017] Prof. Nuni Gofar: Oh iya mas mbak.. 
Setelah hasil TS diperoleh, dianalisis, dan dibuat laporan ke Dikti, apa yg mas mbak lakukan terhadap hasil TS tsb? Apa respon dan tindak lanjut pimpinan terhadap hasil TS nya?                        
[3:53 PM, 5/28/2017] Prof. Nuni Gofar: Rekrutmen via kampus artinya bukan hanya untuk yg baru lulus aja ya mbak? Alumni yg lulus 2 th lalu yg menjadi target TS juga boleh ngikuti rekrutmen kampus?                        
[3:54 PM, 5/28/2017] Tutus Kusuma: Mas Ary, Mbak Dyah, apakah ada arahan dari Dikti, bagaimana menganalisis serta memanfaatkan data tracer study lebih lanjut? Misalnya, data waktu tunggu lulusan mendapatkan pekerjaan itu buat apa. Dan apakah hasil analisis ini diminta juga untuk dilaporkan? Misalnya, ternyata kepuasan alumni terhadap sistem pembelajaran hanya 65%, terhadap fasilitas 80% dsb.                        
[3:55 PM, 5/28/2017] +62 811-4448-864: Na itu dia.... thn kemaren wisuda 2013-2014 emang luar biasa semangat n saat itu kampus 2015 ngencer2 kerjasama dgn industri jadi alumnipun antusias. Kami wisuda november.                        
[3:55 PM, 5/28/2017] Dyah Unisma Malang: Kami mengadakan workshop tiap akhir tahun unt membahas hasil TS yg telah dilakukan & rencana TS di tahun berikutkan. Saat itu kita sampaikan rekomendasi2 berdasarkan hasil TS unt ditindak-lanjuti.                        
[3:57 PM, 5/28/2017] +62 811-4448-864: Kami prioritas alumni baru mbak nuni namun kadang sebelum wisuda jadi kami buka buat alumbi lama juga sesyai kriteria industri.                        
[3:57 PM, 5/28/2017] Tutus Kusuma: Wah.. Mantap ini. Workshop khusus dan rekomendasi ya Mbak ????????                        
[3:58 PM, 5/28/2017] +62 811-4448-864: Iya mbak...malah sebelum wisuda mrk sasaran 8ndustri pengalaman 1-2 thn. Yg baru kami lakukan juga.jika rekrutmen sebelum wisuda mrk kami nyoba dg industri energi ternyata ok.                        
[3:59 PM, 5/28/2017] Ary Tamtama: Dalam hibah TS dikti...tahapanx sampai laporan akhir dan seminar hasil...untuk tindak lanjut dari hasil pelaksanaan TS itu diserahkan kembali ke masing2 TS....dikti telah memperoleh data2 hasil TS yg diupload pelaksana hibah kedalam portal TS...                        
[3:59 PM, 5/28/2017] Tutus Kusuma: Apakah hasil TS yang ada di Dikti ini bisa diakses secara umum, Mas?                        
[4:00 PM, 5/28/2017] Farleven: Haha.. Smg sehat2 sj mbak..                        
[4:00 PM, 5/28/2017] Ary Tamtama: Sprtix tdk bisa mas...kan masing2 PT dgn user dan paswordx                        
[4:01 PM, 5/28/2017] +62 811-4448-864: Akhirnya bukan hanya telinga tapi nyantol ke mata juga n minuspun meningkat eh plus silinder mbak ??????                        
[4:02 PM, 5/28/2017] Prof. Nuni Gofar: Makasih mbak Dyah                        
[4:02 PM, 5/28/2017] Farleven: Smg mbak yuli jg sehat2 krn tracer itu.. ??                        
[4:03 PM, 5/28/2017] Farleven: @Teddy Indira Budiwan kl mau nanya ke siapa nih yah? Haha.. Narsumnya banyak banget                        
[4:03 PM, 5/28/2017] Farleven: Ada bbrp mksdny                        
[4:04 PM, 5/28/2017] Prof. Nuni Gofar: Semua narsum boleh mas Leven                        
[4:04 PM, 5/28/2017] Prof. Nuni Gofar: Mas Elvi mana ya? Koord Kalimantan.. mas Boby belum ada di lapak ini                        
[4:06 PM, 5/28/2017] Farleven: Ke @Ary Tamtama boleh yah.. Mas.. Izin bertanya.. Kan hasil ts diuoload tuh ke ts dikti.. Kan hasilny sbnrny berhubungan dgn borang akreditasi (please correct me if i'm wrong) :p. Nah.. Apkh data tersebut jg digunakan oleh tim asesor utk mengkroscek validitasnya ketika visitasi or.. Dr tim yg kena visitasi yg menyajikan data itu (dr hasil data yg diupload) .. Share2 yah mas.. Jazakallah khairon katsiraa.. ????                        
[4:07 PM, 5/28/2017] Dyah Unisma Malang: Stlh workshop pembahasan hasil TS dan rencana TS tahun berikutnya, dilakukan workshop pengembangan instrumen.                        
[4:07 PM, 5/28/2017] +62 815-2251-9199: ...maaf,...mas elvi nya lagi puasa.....lebih banyak nyimak saja.                        
[4:07 PM, 5/28/2017] Farleven: Atau mbak @Dyah Unisma Malang boleh jg menjawab pertanyaannya sy.. Klo gak keberatan.. Syukron mbak dyah.. ??????                        
[4:08 PM, 5/28/2017] Farleven: Uwow... Mas elvi.. ??                        
[4:08 PM, 5/28/2017] Tutus Kusuma: Maksud saya yang hasil rekapitulasinya, bukan per PT, Mas. Sayang kalau tidak dipublikasikan. Pasti banyak sekali manfaatnya.                        
[4:09 PM, 5/28/2017] Farleven: Iya jg yah mas.. Kira2 itu data diapain yah di dikti..? ????                        
[4:09 PM, 5/28/2017] Ary Tamtama: Sprtix blm dipublish mas tus...nnt sy coba tanyakan ke mas rudi pengelola portal dikti                        
[4:10 PM, 5/28/2017] Farleven: Blm ada yg respon pertanyaan sy nih mbak prof.. ????                        
[4:10 PM, 5/28/2017] +62 811-4448-864: Amin.terima kasih doanya....hal seruoa sehat ya. Ini kerja ibadah.                        
[4:11 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: Yang ini ya Mas?                        
[4:11 PM, 5/28/2017] Ary Tamtama: Mas leven..scr data2 detail sbnrx asesor tdk menanyakan  colek mbak prof @Nuni??
Di borang lebih dibahas bgm metode pelacakan alumni dan dokumen2x...bgm kepuasaan pengguna terhadap lulusan kita...                        
[4:11 PM, 5/28/2017] Ary Tamtama: Maaf jika sy keliru????                        
[4:11 PM, 5/28/2017] Farleven: Iya mas ted.. ??                        
[4:13 PM, 5/28/2017] +62 811-4448-864: Selain met9de kan ada juga instrumen target mas.... eh eh ayo korwil sulawesi...iya kan mas levi.... sy ma yg standar dulu coz butuh pembenahan kantor juga                        
[4:14 PM, 5/28/2017] Farleven: Trmksh mas ari responnya.. Nanya lagi yah.. Bukankah hasil ts itu berhubungan dgn borang yah..?                        
[4:14 PM, 5/28/2017] Farleven: Kayaknya kita satu hati nih sm mbak yuli.. ?? ttg apa yg ingin ditanyakan.. ??                        
[4:14 PM, 5/28/2017] Dyah Unisma Malang: Hasil TS juga kami gunakan sbg salah satu dasar penetapan Profil Lulusan dalam penyusunan Kurikulum. Misal: lulusan S1 Akuntansi bidang pekerjaan lulusan mencakup apa saja? Nah, dari hasil TS inilah kita tetapkan Profil Lulusan dalam Kurikulum Prodi Akuntasi, misal: menjadi konsultan, dll.  Selanjutnya digunakan sbg pertimbangan penyusunan Capaian Pembelajaran, dst.                        
[4:15 PM, 5/28/2017] Farleven: Wah.. @Yuliani HR CCTS PNUP nih jawaban mbak dyah ngena gak nih sm yg kita tanyain..                        
[4:16 PM, 5/28/2017] Farleven: Brrti hasil ts bs yah digunain utk isi borang reakreditasi.. Yah mbak dyah?                        
[4:17 PM, 5/28/2017] Ary Tamtama: Mbak Dyah mgkn bisa berbagi trikx dgn mas Rizal                        
[4:19 PM, 5/28/2017] +62 811-4448-864: Kena mas levi... emang benar hasil TS berkaiatan pada Akreditas dan penyusunan kurikulum...capaian pembelajaran dr situ kita dapat.alumni kerja dimana...apa berkaitan kompetensinya. Jangan sampai disiplin ilmu apa kerja bidang apa. Disinilah peranan TS. Hampir semua bidang terkait.akademik.kemahasiswaan kerjasama juga.yg utama jangan lupa kampus pendanaan.                        
[4:19 PM, 5/28/2017] Ary Tamtama: Mas leven bisa buka dokumen borang AIPT...TS itu ada distandar 3.. bbrp pertanyaan yg ada itu antara lain...bgm metode pelacakan alumni, brp masa tuggu lulusan dalam memperoleh pekerjaan...selebihx dokumen2 pendukung sprt laporan hasil TS, laporan kepuasan pengguna alumni, laporan kepuasan alumni sendiri dll                        
[4:20 PM, 5/28/2017] Dyah Unisma Malang: Tentu Mas Leven. Dalam borang APT kita bisa gunakan hasil TS kita. Unt borang APS kita mesti bantu menganalisis data hasil TS perprodi, krn data yg diminta di borang APS data hasil TS Prodi. Inilah pekerjaan tambahan kita.... amal ibadah kitaaa ??                        
[4:22 PM, 5/28/2017] Tutus Kusuma: Mas Ary, Mbak Dyah dan Mbak Dewi, terimakasih atas sharing sore ini yang sangat bermanfaat ????                        
[4:23 PM, 5/28/2017] Farleven: Keren... Mksh mbak yuli penjelasannya.. ??                        
[4:23 PM, 5/28/2017] Tutus Kusuma: Juga Mas Ted sang moderator yang bersemangat walau sedang puasa. Semoga menambah kebajikan amal ibadah puasa Mas Ted dan para nara sumber sekalian.                        
[4:23 PM, 5/28/2017] +62 811-4448-864: Tu kan mas levi.... akhir pencerhaan kita masih banyak....senangnya dpt masukan. Ibadah...semiga kita semua sehat sellau n dpt berbagi ke sesama terutama antar pusat karir makin berkembang.                        
[4:23 PM, 5/28/2017] Farleven: Siap... Trmksh mas ari jawabannya.. ????                        
[4:23 PM, 5/28/2017] Farleven: Smg jdi amal ibadah yg baik yah mbak dyah.. Trmksh.. ????                        
[4:23 PM, 5/28/2017] Ary Tamtama: Terima kasih mas tutus....kendari bentar lg berbuka??
Mohon maaf bila jawaban kami kurang pas...sesungguhx di ICCN kt terus belajar dan berjejajring untuk Indonesia yg lebih baik??                        
[4:24 PM, 5/28/2017] +62 899-7052-087: Aamiin ??????                        
[4:24 PM, 5/28/2017] Farleven: Iyah mbak yuli... Alhamdulillah... Cm itu knp jdi nempel banget manggil LEVI nya.. HAHHAA                        
[4:25 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: Mas Mba, mohon maaf saya sudahi ya kulwap edisi minggu ini                        
[4:25 PM, 5/28/2017] Farleven: Amiiin.. Jdi critanya dilanjutin sm mas tus yah.. Haha                        
[4:25 PM, 5/28/2017] Farleven: Eh mas tednya ada.. ??                        
[4:25 PM, 5/28/2017] Ary Tamtama: Terima kasih mas tedd??                        
[4:25 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: ??Terima kasih Mas Mba sekalian sudah meluangkan waktu untuk saling berdiskusi sore ini.                        
[4:26 PM, 5/28/2017] Teddy Indira Budiwan: Saya tutup ya kulwap edisi minggu ini. Mas Mba silahkan dilanjutkan langsung ke narasumbernya, yang ada di sekitar kita. Terima kasih.
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
  Thursday WhatsApp Discussion 1: Tracer Study (March.03.2016) tutus.kusuma 2 8,220 23-Mar-2016, 09:32 PM
Last Post: tutus.kusuma
  Tentang tracer study tutus.kusuma 0 8,429 19-Jan-2016, 02:32 PM
Last Post: tutus.kusuma

Digg   Delicious   Reddit   Facebook   Twitter   StumbleUpon